Agripark : Kawasan Kuliner dan Edukasi Pertanian di Pusat Kota

Perusahaan induk (holdingcompany) IPB, PT. Bogor Life Science and Technology (BLST) yang saat iniberada di bawah Direktorat Bisnis dan Kemitraan IPB, kembali membesut unitbisnis baru di bidang jasa. Kali ini adalah suatu kawasan kuliner dan wahanaedukasi pertanian yang bernama Agripark, berlokasi di Taman Kencana No.3, Kota Bogor.Kawasan Agripark mengkombinasikan antara café dan wisata kuliner khas Bogoryang diberi nama Agricafe,  toko souvenirdan oleh-oleh khas Bogor bernama Agrishop, serta wahana edukasi pertanian bagianak-anak pra sekolah dan SD bernama Agrifun.

Pembukaan kawasan Agripark, secara simbolis ditandai dengan pemukulangong oleh Ketua Agrianita IPB, yaitu Ibu Enny Rohaeni Suhardiyanto (16/1)dengan didampingi Wakil Rektor Bidang Bisnis dan Komunikasi, Dr.Ir. Arif ImamSuroso dan salah satu Direktur BLST, Heri Nugraha.  Acaradihadiri lebih banyak oleh kaum ibu, diantaranya dari elemen Agrianita IPB danPKK Pemkot Bogor serta tamu undangan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan Talkshow dan Demo Masak yangbertajuk “Hidup Sehat bersama Produk dan Masakan Organik”. Tampil sebagaipembicara adalah Prof.Dr.Achmad Sulaeman, M.Sc seorang pakar gizi dari FakultasEkologi Manusia IPB yang mengupas tuntas tentang khasiat produk-produkpertanian organik.

Antusiasme para peserta talkshow semakin terlihat ketikamereka menyaksikan demo masak beberapa menu sehat menggunakan bahan-bahanorganik yang dibawakan oleh Chef Ridwan. Beberapa ibu juga terlihat memasaksebagian menu.

Sementara itu kawasan lain Agripark dipadati oleh puluhananak-anak usia pra sekolah yang sedang mengunjungi berbagai wahana edukasipertanian, yang bernama Agrifun. Wahana Agrifun dibuat dengan suasana alamidengan pendekatan experiental learning, para pengunjung bisa mempelajaritentang penanganan hewan sakit oleh dokter hewan di Klinik Hewan. Lalu wahanaFun Farming berupa cara menanam tanaman sayur dan buah, yang bersebelahandengan Mini Lab dimana anak-anak bisa meneliti hewan-hewan kecil darimikroskop.

Wahana yang tak kalah menarik adalah Rumah Sapi Perah danIstana Kambing, dimana pengunjung belajar cara memerah susu sapi dan kambingdengan benar dan sehat. Susu segarnya lalu diolah di Rumah Yoghurt yang masihberada di kawasan Agrifun. Bagi pengunjung yang ingin bercengkerama lebih dekatdengan domba dan kambing cilik, area outboundmenjadi tempat yang menyenangkan bermain bersama hewan-hewan lucu tersebut.Fasilitas di area outbound yang lainadalah Flying Fox dan Spider Web yangmelatih ketangkasan dan keberanian pengunjung dan anak-anak. Harga tiket untukme

“Agripark dan berbagai wahana di dalamnya adalah bentukpengabdian IPB agar lebih dekat dengan masyarakat. Produk-produk organik yangdihasilkan IPB dapat dinikmati dalam menu Agricafe. Sedangkan Agrifundiharapkan menjadi sarana edukasi pertanian bagi anak-anak sehingga lebihmencintai dan dekat dengan dunia pertanian sejak usia dini”, ungkap salah satupimpinan PT. BLST.

Bagi anda yang mencari tempatmakan yang nyaman dan sejuk di pusat kota, Agripark adalah pilihan tepat. IgaBakar dan Nasi Kalong adalah salah satu menu favorit tempat ini. Sambil menikmatimakanan lezat di Agricafe, Anda bisa dengan tenang melepas anak-anak untukbermain sambil belajar pertanian di Agrifun.(zul)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *