,

Air Minum “Bening”

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merk ”BENING” merupakan salah satu Satuan Usaha Akademik (SUA) yang langsung  dikelola di bawah Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fateta – IPB. Unit usaha ini dirintis oleh staf pengajar Departemen TIN FATETA IPB melalui kegiatan QUE Project tahun 2000-2004, yang bertujuan untuk mengembangkan program Teaching Industry agar mahasiswa dan dosen dapat meningkatkan kemampuannya dalam pengembangan teknis dan manajerial. Selain itu, dalam rangka otonomi perguruan tinggi, semua pihak (dosen, karyawan, mahasiswa, dan pihak yang terkait) diharapkan dapat mengembangkan seluruh kemempuannya untuk mencapai kemandirian. Teaching Industry merupakan salah satu strategi yang baik untuk pengembangan kemampuan technoprenneurship mahasiswa dan untuk meningkatkan kemandirian departemen dalam  hal finansial.

Gedung  teaching industry AMDK ”BENING” terdiri dari empat ruang utama yang terbagi menjadi beberapa area. Arae tersebut adalah area high hygienis, area medium hygienis, area low hygienis,dan area bersih. Area yang termasuk high hygienis adalah ruang pengisian, sedangkan medium hygienis adalah area persiapan botol galon, area pencucian botol galon, serta area pengolahan air. Area low hygienis merupakan ruang penyimpanan, sedangkan area bersih kantor dan area santai personel. Area-area tersebut masih terus dalam perkembangan guna perbaikan implementasi GMP dan SSOP.

SKALA PRODUKSI

SUA ini menggunakan air sebagai bahan bakunya. Air baku diperoleh dari sumber mata air Cipuspa yang berada di dalam wilayah konservasi IPB. Letaknya dekat dangan lokasi pabrik pengolahan. Kualitas air yang dihasilkan dari mata air ini cukup baik dan layak untuk dijadikan air baku AMDK dengan beberapa tahap pengolahan terlebih dahulu.

Teknologi proses pengolahan air minum dalam kemasan (AMDK) sesuai dengan SNI 01-3553-1996. Produk yang diproduksi oleh SUA AMDK “BENING” merupakan produk air minum dalam kemasan gallon. Jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam SUA ini berjumlah 5 (lima) orang, terdiri dari 2 (dua) orang bagian produksi, 1 (satu) orang bagian pemasaran, 1 (satu) orang supir, dan 1 (satu) orang bagian administrasi keuangan. Empat tenaga kerja merupakan pegawai tetap SUA dan 1 (satu) orang bagian administrasi merupakan tenaga kependidikan Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fateta – IPB.

DEMAND

Pelanggan atau konsumen AMDK “BENING” sebagian besar konsumen peroarangan yang merupakan warga sekitar kampus IPB, baik yang di daerah Darmaga maupun di Baranangsiang. Selain konsumen perorangan, konsumen institusi di dalam kampus IPB juga menggunakan produk AMDK “BENING” antara lain : perpustakaan LSI, SBRC, LPPOM MUI, Direktorat AJMP, RS Karya Bakti, Sekolah Pascasarjana IPB, Departemen Teknologi Industri Pertanian Fateta – IPB, dan lain-lain.

Sistem penjualan produk ini, dilakukan baik secara langsung ke konsumen maupun melalui agen penjualan dengan sistem konsinyasi.

PENGELOLA

Satuan Usaha Akademik ini dikelola langsung di bawah Departemen Teknologi dan Industri Pertanian, Fateta – IPB. Tim pengelolanya sebagai berikut

Kordinator                                        : Dr. Indah Yuliasih, S.TP., M.Si
Bagian Produksi                                :
Bagian Quality Control                       : Dr. Ir. Suprihatin
Bagian Administrasi Keuangan           : Elvin Septiana, Amd.

LOKASI

Teaching industry AMDK ”BENING” berlokasi di Kecamatan Darmaga, Kabupaten Bogor yang memiliki kantor dan unit pengolahan yang beralamat di Kompleks Technopark, Jl. Puspa No.1, Gedung  AP-4 FATETA IPB, Kampus IPB Darmaga – Bogor, Tlpn : (0251) 71118004 /Fax : (0251) 8621974, email: agc_bening@yahoo.co.id.

Kontak            : AMDK “BENING”
Telp/Fax          : 0251-8621974 / 0251-7118004
E-mail             : ind_yul@yahoo.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *