,

F-Technopark, Fateta IPB

Fakultas Teknologi Pertanian IPB sebagai lembaga pendidikan terkemuka diakui secara internasional dalam bidang teknologi pertanian dengan kompetensi inti pada teknologi proses, rekayasa biosistem dan teknologi informasi untuk pertanian tropika yang spesifik lokal.  F-Technopark sebagai UPT Kerjasama saat ini berhubungan dengan akademik, ekspertasi, dan kompetensi utama Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Institut Pertanian Bogor. Kegiatan dan layanan utama yang di berikan dalam bentuk asistensi teknologi (melaui pelatihan dan konsultasi), magang, kajian kebijakan, riset dan pengembangan produk ataupun proses, serta mengembangkan dan meningkatkan daya saing UKM (Usaha Kecil Menengah) Agroindustri melalui kerja sama dan pendanaan dari pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah terkait. Bangsal pengolahan yang terdapat dalam komplek F-Technopark memiliki  beberapa lini proses antara lain proses produksi teh, tahu, dan proses termal (jus dan manisan) yang dapat digunakan baik untuk keperluan akademik seperti praktikum maupun tugas akhir mahasiswa, dan untuk memenuhi kebutuhan klien dari sektor swasta ataupun pemerintah.

Teknologi pengolahan teh rosela seperti terlihat pada Tabel 1. Penggunaan sinar matahari pada pengeringan teh rosela akan sangat menghemat biaya akan tetapi sangat tergantung cuaca. Pengeringan matahari dengan menggunakan rumah kaca sederhana dapat digunakan. Hal ini tentu sangat meguntungkan untuk pengembangan usaha kecil.

Tabel 1. Lokasi pengolahan rosela di bangsal percontohan pengolahan hasil pertanian (F-Technopark-IPB) yang merupakan UPT kerjasama Fakultas Teknologi Pertanian, IPB.

No Urut Proses

Proses

Tradisional

Pembersihan biji Manual
Blanching Manual
Pelayuan Mesin
Pengeringan Oven/rumah pengering
Pengemasan Manual/mesin

Bahan baku rosela dipasok oleh petani lingkar kampus dengan model kemitraan dengan harga yang sangat kompetitif. Jika tidak mencukup pasokan rosela juga dapat diperoleh petani binaan dari daerah lain seperti Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Sistem penjualan dengan Koperasi Wanita dengan cara kontrak kerjasama untuk jangka waktu 3 (tiga) bulan sebesar 3 ton atau setara dengan 1 ton per bulan, sedangkan yang dipasarkan melalui Serambi Botani IPB dengan sistem PO dengan rata-rata permintaan 2-3 kg per bulan.

Strategi yang akan dilakukan untuk memasarkan dengan mencari pasar baru (retail) karena teh rosela produksi F-Technopark memilki banyak kelebihan dibandingkan dengan yang di produksi oleh petani. Selain di proses dengan standar produksi yang memperharikan aspek sanitasi dan higienis, daya seduh yang dihasilkan jauh lebih baik  dan tidak ditumbuhi jamur setelah mengalami penyimpanan dalam waktu yang lama. Dengan berbagai keunggulan tersebut teh rosela produksi F-Technopark dapat dijual dengan harga Rp 130.000 – 150.000/kg, sedangkan teh produksi petani umumnya Rp 50.000/bulan.

Hubungi kami
F-Technopark
Pengelola    : Dr. Slamet Budijanto
Lokasi         : Kampus Institut Pertanian Bogor Dramaga Bogor 16680
Telp/Fax     : +62-251-8624947
Email          : f_technopark@yahoo.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *