Inovasi IPB Hadir di Agrinex Expo 2015

Penutupan Agrinex 2015
Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Performax dan Kementerian Pertanian RI menggelar Agrinex Expo 2015. Agrinex Expo yang memasuki tahun ke-9 ini, hadir dengan mengusung tema “Kedaulatan Pangan Indonesia”. Sejumlah pejabat tinggi negara hadir dalam acara pembukaan yang digelar pada Jumat (20/3) di Jakarta Convention Center (JCC).
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, Prof.Dr Mohamad Nasir dalam sambutannya menyampaikan rasa optimisnya bahwa pada tahun 2017 mendatang, Indonesia bisa mencapai kedaulatan pangan. Untuk mencapai hal tersebut, terangnya, dibutuhkan peran riset dan teknologi.
Sebelumnya,  Rektor IPB Prof.Dr Herry Suhardiyanto menandaskan peran IPB terkait upaya mewujudkan kedaulatan pangan. Menurutnya, IPB mempunyai 110 hasil inovasi bidang pangan yang prospektif dengan berbagai tujuan dan manfaat. Dari sekian banyak inovasi tersebut, baru sepuluh persen dapat dirasakan masyarakat. “Rendahnya proporsi inovasi yang telah dirasakan masyarakat, karena adanya hambatan dalam tahapan customization, production trial, dan komersialisasi. Selain itu, diperlukan institusi dan peran business incubator  dan angel capital serta berbagai fasilitas dari negara dan perusahaan yang besar, sebagaimana lazim terdapat di negara-negara yang perekonomiannya dicirikan oleh innovation driven economy,” ungkap Rektor.
Penutupan Agrinex 2015Rektor IPB berharap kegiatan ini dapat dijadikan wahana bagi seluruh pemangku kepentingan untuk saling bertukar informasi dan mengembangkan inovasi dan mengimplementasikannya. “Kami berharap bangsa ini mempunyai perhatian yang semakin besar terhadap pertanian sebagai bagian dari solusi bagi berbagai masalah yang kita hadapi. Bahkan menyadari pentingnya pengarusutamaan pertanian untuk pembangunan berkelanjutan,” ujar Rektor.
Inovasi bidang pangan Karya IPB juga dipamerkan dalam expo kali ini, antara lain Pupuk Hayati Mikroba Pribumi Super, Biskuit Clarias Bergizi Tinggi, Bertani Sejahtera di Lahan Pasang surut, Tepung Pury dari Pupa Murbei, Aplikasi Pupuk Cair, Melon Mulus Manis Memikat, Cabe Merah Besar Pedas dan Berkualitas, Pasukan Mikroba Penggempur Jamur, Tiga Pemicu Pertumbuhan Alami Berkoalisi, dan Pangan Organik Berbasis Petani. (sumber: news.ipb.ac.id)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *