IPB Luncurkan 30 Produk Unggulan Melalui Agrimart

Kehadiran Agrimart IPB (Institut Pertanian Bogor) bisa menjadi ajang pembuktian bahwa produk-produk unggulan IPB sangat layak untuk dipasarkan. Demikian dikatakan Rektor IPB, Prof.Dr.Ir. H. Ahmad Ansori Mattjik, M.Sc., dalam sambutannya pada Grand Opening Agrimart di Kampus IPB Darmaga, Jumat (22/12).

Selama ini IPB telah banyak memproduksi beragam produk yang sebenarnya memungkinkan untuk dipasarkan, tapi ternyata belum bisa dipasarkan. Karenanya melalui Agrimart IPB ini, kita mulai belajar bagaimana berdagang. Kita coba buktikan, produk yang kita hasilkan memiliki kualitas dan kuantitas yang pantas untuk dipasarkan. Selain tentunya kita harapkan pula kontinuitas dari produk yang kita hasilkan, papar Rektor.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan, berdirinya Agrimart IPB sejalan dengan konsep ABGC yang dicanangkan IPB, yakni Academician, Businessman, Governance, dan Community. Tanpa kerjasama empat unsur tadi, kesejahteraan yang kita dambakan sukar untuk diwujudkan, terangnya seraya menegaskan, Agrimart IPB adalah milik IPB.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Wakil Rektor I Prof.Dr.Ir. M. Achmad Chozin M.Agr., Wakil Rektor III Prof.Dr.Ir. Yusuf Sudo Hadi M.Agr., Kepala LPPM Prof. Dr. Rizal Syarief Sjaiful Nazli, DESS., Direktur SDM&AU Ir. Moh. Yamin, M.Agr. M.Sc., Kepala Kantor Prohumasi drh. Agus Lelana, SpMP, M.Si., Kepala KPSI Ir. Julio Adisantoso, M.Komp., Dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Dr. Hardinsyah., dan Kepala Poliklinik IPB, Dr.dr. Hj. Sri Budiarti.

Sementara itu, sedikitnya 30 produk unggulan IPB tersedia di Agrimart IPB. Mulai dari bakso ikan, susu pasteurisasi, nata de coco, air mineral, stik sale pisang, pupuk organik, madu, beras organik, obat herbal, baso sapi dan jamur siap saji.

Di tempat yang sama, Direktur Operasional PT. Indomarco Prismatama, Laurentius Tirta Wijaya mengatakan, berbagai produk unggulan IPB yang saat ini baru bisa diperoleh di Agrimart IPB, ke depan akan mulai dipasarkan di seluruh Indomart di Indonesia yang jumlahnya mencapai 2.300 buah. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk kepedulian PT. Indomarco Prismatama pada dunia pendidikan dan pertanian.

Agrimart IPB ini tidak saja melengkapi fasilitas kampus, tetapi juga menjadi aset kampus IPB. Dengan harapan tentunya dapat dimanfaatkan oleh civitas kampus dan masyarakat sekitar, imbuh Laurentius.

Sementara itu, Kepala Kantor Prohumasi IPB drh. Agus Lelana, Sp.MP, M.Si., kepada Pariwara menjelaskan, keberadaan Agrimart merupakan bagian tidak terpisahkan dari proses implementasi IPB menjadi perguruan tinggi (PT) yang otonom.

Selain menjadi outlet produk-produk IPB, dalam jangka panjang Agrimart diharapkan menjadi income generating untuk menunjang pendidikan IPB menuju academic excelent. Perlu diketahui, pembuatan produk-produk itu dilakukan oleh unit-unit kerja IPB, seperti Departemen, Pusat ataupun UKM binaan LPPM IPB, yang melibatkan para mahasiswa dan alumni IPB. Karenanya, secara tidak langsung melatih life skil l mahasiswa, papar Agus, M.Si.

Pada bagian lain, menjelang berakhirnya peresmian Agrimart, belasan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IPB melakukan aksi penolakan Agrimart. Menjawab aksi ini, secara terpisah Rektor mengatakan, bahwa dalam masa proses implementasi IPB menjadi PT BHMN, bisa dipahami jika ada perbedaan pendapat.

Pak Rektor mengatakan, adanya aksi demo mahasiswa adalah hal yang wajar. Karena mungkin mereka belum memahami bahwa IPB memerlukan format Agrimart untuk memasarkan produk-produk IPB dalam rangka menunjang pendidikan, kata Agus, M.Si., saat mengemukakan kembali penjelasan Rektor pada jumpa pers.

Menyinggung keinginan para peserta aksi agar IPB sebaiknya membina Kopma (Koperasi Mahasiswa), dijelaskan Kepala Kantor Prohumasi, Kopma belum dapat mengikuti kecepatan Agrimart. Oleh karena itu, Agrimart perlu dicontoh oleh Kopma yang selama ini juga telah memiliki outlet dan menyediakan beragam produk. Pada akhirnya, diharapkan Kopma bisa menjadi mitra bagi Agrimart, harap Agus mengakhiri. (nm)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *