Sekilas tentang Agroedutourism IPB

agroedutourism-ipb-1

Agroedutourism (Wisata Pendidikan Pertanian) adalah kegiatan wisata untuk tujuan studi yang dapat memperluas pengalaman, rekreasi, dan pengetahuan tentang alam dan teknologi pertanian melalui ilmu-ilmu pertanian dalam cakupan luas.

Dibentuk oleh IPB pada tahun 2005, memiliki 2 fungsi : fungsi pendidikan dan fungsi wisata.  Kegiatannya melalui pemanfaatan kawasan kampus IPB dan obyek-obyek unggulan didalamnya, seperti laboratorium, kebun, arboretum, kolam, kandang, dll.

agroedutourism-ipb-5   agroedutourism-ipb-2 agroedutourism-ipb-3agroedutourism-ipb-4agroedutourism-ipb-6

Agroedutourism IPB merupakan salah satu Satuan Usaha Penunjang (SUP) bergerak di bidang Wisata Pendidikan Pertanian yang berperan penting sebagai sarana promosi IPB. Agroedutourism mengembangkan berbagai potensi-potensi objek dari departemen dan unit-unit yang berpotensi sebagai objek wisata. Mahasiswa IPB sebagai salah satu civitas akademik telah dilibatkan dalam berbagai kegiatan sebagai pemandu wisata.

Produk dan jasa yang digali melalui kegiatan ini termasuk unik. Produk yang tersebut meliputi semua objek wisata dan atraksi-atraksi yang dapat dibangkitkannya, semuanya ini digali dari laboratorium atau unit-unit yang memiliki kekhasan dan keunggulan ilmu dan teknologinya. Produk tersebut dikemas dalam 20 paket wisata yang ditawarkan bagi siswa-siswi sekolah dari mulai TK, SD, SMP, mahasiswa, dan umum.

Bagi masyarakat umum Agroedutourism merupakan pintu untuk melongok dan belajar praktis mengenai rahasia ilmu dan teknologi dalam bidang pertanian luas. Kebutuhan akan wisata pendidikan semakin nyata jika dikaitkan dengan penerapan kurikulum berbasis kompetensi di SD, SMP, dan SMA.

Untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran yang terkait dengan IPA atau pun Lingkungan Hidup, maka Agroedutourism ini merupakan media yang sangat tepat, yaitu memberikan pemahaman sambil berpengalaman langsung. Agroedutourism didirikan pada tahun 2005 dengan adanya SK rektor IPB No. 080/K13/LK/2005 di bawah Direktorat Pengembangan Institusi dan Usaha Penunjang. Pada tahun 2014, Agroedutourism IPB menjadi Satuan Usaha Penunjang di bawah Direktorat Pengembangan Bisnis dengan adanya SK Rektor IPB No. 107/173/LL/2014.

peta-obyek-aet-di-kampus-ipb leaflet-paling-terbaru-depan-edit leaflet-paling-terbaru-belakangedit