dsc_0738

Agrimart adalah sarana One Stop Shopping produk unggulan IPB.   Agrimart diresmikan oleh Rektor IPB tanggal 22 Desember 2006 dan merupakan hasil kerjasama antara IPB dan PT. Indomarco Prismatama (Indomaret). Agrimart dilengkapi juga dengan sarana kantin.

Pemikiran membangun Agrimart bermula  dari upaya untuk mencari jalan keluar atas masalah pemasaran bagi produk-produk yang telah dihasilkan oleh unit-unit usaha akademik di lingkungan IPB.

Melalui kreativitas dan keilmuannya, staf pengajar IPB telah menghasilkan sejumlah karya besar berupa paten dan produk-produk berkualitas. Prestasi membanggakan ini harus dikembangkan dan ditindaklanjuti agar karya ilmiah tersebut tidak hanya dikenal di kalangan kampus, namun  juga perlu disebarluaskan agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sebagian produk unggulan IPB sudah dihasilkan secara rutin dan mulai memasuki pasar, namun ragam dan jumlahnya masih  sangat terbatas. Sebagian produk lainnya masih mengalami kesulitan dalam pemasarannya. Untuk mendorong pengembangan usaha tersebut diperlukan upaya-upaya promosi dan pemasaran produk unggulan IPB secara lebih luas, yang tentunya membutuhkan dukungan dana yang cukup besar.

Agrimart merupakan jawaban atas kebutuhan akan pusat promosi dan pemasaran produk IPB. Fasilitas ini juga difungsikan untuk memberi kemudahan memperoleh kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan aman bagi seluruh civitas akademika. Disisi lain Agrimart juga berfungsi untuk menunjang Agroedutourism, karena akan menjadi titik akhir kunjungan wisata pendidikan di kampus  dan sebagai pusat belanja oleh-oleh produk unggulan IPB.

Guna meningkatkan pelayanan bagi civitas akademika IPB, pada tanggal 14 September 2012, Agrimart membuka gerai kedua yang diberi nama Agrimart 2 IPB. Selain berfungsi sebagai minimarket, Agrimart 2 juga dilengkapi dengan fasilitas IT Center yang diberi nama Agricom yang merupakan hasil kerjasama dengan Zoom Computer dengan menggunakan sistem sewa tempat. Mulai bulan Maret 2015 pengelolaan atas sewa tempat Agricom dialihkan ke Pengelolaan Kios Kaki Lima (K5).

Satuan Usaha Penunjang baru, atau disebut dengan Strategic Business Unit (SBU) dari Agrimart maka dibentuk Logistic Center (LC) pada Januari 2017. SBU LC dibentuk dengan tujuan memenuhi kebutuhan akan bahan-bahan baku bagi mitra IPB berupa Kios dan Kantin yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman bagi sivitas akademika IPB.