Kantin dan Resto ZEA MAYS

dsc_0704

Zea Mays merupakan salah satu Satuan Usaha Penunjang (SUP) yang bergerak dalam bidang pelayanan kantin, resto, dan catering bagi seluruh civitas IPB dalam memenuhi kebutuhan pangan yang beragam, berimbang, dan bergizi sesuai tagline Ragam Pangan Sehat. Zea Mays juga merupakan Laboratorium Diversifikasi Pangan karena merupakan wujud upaya implementasi dari program pemerintah dalam mensukseskan program diversifikasi pangan pada masyarakat khususnya warga kampus IPB.

Kantin Zea Mays berdiri sejak 08 Juni 2010 yang pada awalnya dikelola oleh  bawah PT BLST. Awal Januari 2012, pengelolaannya berpindah tangan ke Direktorat Pengembangan Bisnis IPB. Kantin Zea Mays terletak di belakang Gedung Andi Hakim Nasution yang menjadikan kantin ini mudah diakses oleh pegawai IPB maupun mahasiswa yang berada di lingkungan IPB. Kantin Zea Mays memiliki beberapa ruangan yang terdiri dari ruang makan, ruang VIP, ruang penyajian, ruang persiapan, ruang bar, dapur, gudang penyimpanan, dan kantor.

Pada awal Juli 2014, Kantin Zea Mays membuka sebuah kantin bernama Agricafe, yang berlokasi di perumahan Dramaga Cantik. Agricafe merupakan pengembangan dari Satuan Usaha Penunjang yang juga bergerak dalam bidang pelayanan kantin, yang menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman. Namun, mulai bulan Maret 2015 Agricafe sudah tidak beroperasi kembali.

Pada awal tahun 2016, Kantin Zea Mays membuka kembali sebuah kantin bernama Green Corner, yang berlokasi di dekat Agrimart I.

 

KEISTIMEWAAN KANTIN & RESTO ZEA MAYS

1. Memenuhi menu 3B (Bergizi, Berimbang dan Bervariasi) tetapi sesuai dengan selera (enak dan lezat).
2. Dirancang dengan konsep yang modern dan higienis.
3. Harga Terjangkau.
4. Sarana implementasi program diversifikasi pangan.
5. Bahan pangan yang digunakan merupakan hasil produksi unit kerja dan civitas akademika IPB yang dapat mendorong pengembangan kewirausahaan.
6. “Free Wi-Fi”

PRODUK & KERJASAMA

Zea Mays menjual produk olahan dari civitas akademika dan Satuan Usaha Akademik IPB, di antaranya:

  1. Aneka sayur dan buah (Faperta)
  2. Produk olahan ikan “Sakana” (THP-FPIK)
  3. Daging dan produk olahan “La Ruba” (IPTP-Fapet)
  4. Susu Fapet
  5. Bihun dan Mie Jagung (Fateta)
  6. Beras Analog (Fateta)
  7. Roti dan snack “Bread Unit” (Fateta)

PROGRAM  KANTIN & RESTO ZEA MAYS

FOOD SELF SERVICE

Kantin Zea Mays menyediakan makanan sehat dengan sistem pelayanan “self service”, dengan menu sehat dan bervariasi dari civitas akademika IPB.

DELIVERY ORDER

Makanan dapat dipesan dan diantar langsung ke konsumen

PARTY FOOD

Makanan dapat dipesan dan penyajian dapat dilakukan di tempat Zea Mays (booking)

PRASMANAN/ LUNCH BOX/ SNACK BOX

Melayani pemesanan catering dalam partai besar

HARI MAKANAN NUSANTARA

Hari selasa merupakan program penyediaan makanan nusantara. Program ini bertujuan memperkenalkan jenis makanan nusantara kepada civitas akademika IPB. Contoh makanan yang disajikan adalah makanan Sunda seperti karedok, asinan bogor, urap dan lain-lain.

HARI MAKAN IKAN

Program yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan dikalangan civitas akademika IPB. Ikan merupakan pangan hewani yang memiliki protein dengan asam amino lengkap dan asam lemak esensial yang sangat penting untuk tubuh manusia. Hari Makan Ikan di kantin Zea Mays diselenggarakan setiap hari kamis.

BENTO

Bento merupakan produk untuk makan siang yang dikemas menjadi menu makanan yang bergizi, berimbang, dan beragam. Hal ini didasari oleh pentingnya penyediaan makanan sehat dan murah.

Kantin & Resto ZEA MAYS

Direktorat Pengembangan Bisnis IPB

Jl. Lingkar Kampus, Kampus IPB Dramaga

(Belakang Gedung Rektorat IPB)

Telp: (0251) 8624 670

E-Mail : zeamaysipb@gmail.com